6 Cara Mengatasi Insecure Dan Gak PeDe (Video Webinar)

6 Cara Mengatasi Insecure dan Membangun Percaya Diri (Video Webinar)

cara mengatasi insecure

Kamu lagi insecure?

Tulisan ini akan membahas lengkap tentang “Bagaimana Cara Mengatasi Insecure dalam diri. Serta tips gimana cara membangun kepercayaan diri” kita.

Di artikel ini, Kamu akan mempelajari tentang;

  • Apa sih itu Insecure?
  • Kenapa perasaan itu bisa muncul?
  • Apa tanda-tandanya kalo kita mengalami insecure?
  • Dan (yang paling penting) gimana cara mengatasi rasa insecure itu?

Dan masih banyak lagi…

Artikel ini disari dari materi webinar hypnosis dengan judul “Mengatasi Insecure, Membangun Percaya Diri” yang diadakan oleh Rumah Hipno beberapa waktu yang lalu…

Siapa dan Apa Itu Rumah Hipno?

klinik hipnoterapi makassar - rumah hipno.com

Rumah Hipno adalah pusat layanan dan pelatihan hipnosis dan hipnoterapi No. 1 di Makassar Sulawesi Selatan. Kami telah mendapat pengakuan dan akreditasi dibidang hipnosis dan berbagai lembaga hipnoterapi di Indonesia maupun Internasional.

Fokus kami adalah membantu anda mengatasi permasalahan mental, pikiran, dan kejiwaan.

Seperti;

  • Stress/Depresi
  • Fobia/trauma
  • Anxiety/Kecemasan berlebihan
  • Insomnia/susah tidur
  • kebiasaan buruk
  • prilaku negatif
  • kecanduan/adiksi (obat, game, pornografi, dll)
  • dan masih banyak lagi…

Berikut beberapa testimoni peserta dari Webinar Hypnosis oleh Rumah Hipno…

testimoni peserta webinar hypnosis

Video Webinar “6 Cara Mengatasi Insecure dan Membangun Percaya Diri”

Apa Itu Insecure?

Insecure adalah perasaan tidak aman yang kita rasakan dalam diri.

Semua hal yang membuat kita gak aman, dan gak nyaman seperti gelisah, takut, gak percaya diri, ragu, perasaan rendah diri, itu termasuk kategori insecure.

Normal gak sih perasaaan insecure itu?

Ya, perasaan-perasaan seperti gelisah, cemas dan lain sebagainya tentu adalah hal yang wajar dan dialami oleh setiap manusia.

Permasalahannya, kalo insecure itu sudah secara nyata menghambat diri kita untuk maju.

Maka perlu kita atasi.

Misalnya, kita jadi gak pede ngelamar pekerjaan karena udah ngerasa gak pantes duluan. Atau contoh lain, kita selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

dan kita merasa, “saya gak akan bisa deh kayak dia..

Kenapa Sih Insecure Itu Muncul?

Apa sih penyebabnya orang bisa insecure?

Nah, menurut Pak Harun, Dosen Hypnosis dan pemeteri Webinar kemarin, bahwa ada 2 faktor terjadinya insecure bagi seseorang.

Yakni,

  1. Faktor External
  2. Faktor Internal

Faktor External, berarti rasa insecure itu muncul karena akibat dari perlakukan orang-orang atau keadaan di luar dari diri kita.

Antara lain;

  • Perlakuan Overprotective dari orang tua dan pasangan
  • Dibanding-bandingkan dengan orang lain
  • Penolakan dari orang lain
  • Trauma masa lalu
  • Kegagalan
  • Tekanan dari orang tua

Sementara faktor internal, artinya penyebab insecure akibat dari dalam diri kita, bisa jadi misalnya karena pikiran negatif, atau hal lainnya..

  • Perasaan kesepian
  • Tidak percaya pada diri sendiri
  • Sifat over perfeksionis
  • Takut bersosialisasi karena penilaian orang lain

Apa Tanda-tanda orang yang mengalami Insecure?

Mengenali tanda-tanda insecure penting agar kita bisa tahu apakah kita mengidap insecure atau tidak.

Kalo tanda-tanda berikut ini muncul, teman-teman bisa segera menyadari untuk kemudian melakukan tindakan.

Trus apa aja sih tanda-tandanya kalo kita mengalami insecure?

  • Tidak ingin keluar dari zona nyaman
  • Gemar membandingkan diri dengan orang lain
  • Memandang rendah diri sendiri
  • Menghindari interaksi dengan lingkungan sekitar
  • Harus mendapat pujian dan pengakuan dari orang lain

Nah, apakah kamu mengalami satu atau beberapa tanda-tanda di atas?

Kalo ya, maka silahkan lanjutkan membaca sampai selesai..

6 Cara Mengatasi Insecure

Nah, apabila kita sudah mengenali penyebab dan ciri-ciri insecure itu, maka pertanyaan selanjutnya bagaimana cara mengatasinya?

Setidaknya ada 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Insecure;

#1. Fokus dalam mencintai dan menjadi diri sendiri

Mencintai diri sendiri adalah langkah awal untuk menjadi orang yang positif, sukses, sehat dan bahagia.

Di zaman modern seperti sekarang ini, di mana segala sesuatu serba instan, dan kita terhubung dengan setiap orang dengan begitu mudah, hidup kita seperti terkontrol 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Semua hal dinilai dari jumlah like, followers dan semacamnya..

Masalahnya adalah terkadang kita lupa, bahwa kita juga manusia. Kita juga punya kekurangan. Kita juga butuh untuk diterima dan dicintai.

Nah, inilah yang membuat orang banyak yang stress dan pada akhirnya merasa insecure. Karena budaya banding-membandingkan diri dengan orang lain di social media begitu real.

Belajar mencintai diri sendiri bukan berarti kita egois. Atau narsis.

Tetapi mensyukuri anugerah, dan menerima diri kita apa adanya.

#2. Jangan Bandingkan Diri Dengan orang Lain

Ya, sebagaimana yang saya sebutkan sebelumnya, membandingkan diri dengan orang lain adalah cara paling instan untuk menjadi insecure.

Mengapa?

Sebab setiap orang punya keunikannya masing-masing.

Kalo kita menilai kekurangan kita, dengan kelebihan orang lain, tentu tidak seimbang.

Akibatnya, kita merasa tidak nyaman dan rendah diri.

Karena itu, biar seimbang pahami bahwa setiap orang punya kelebihan dan keunikannya masing-masing.

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

#3. Kenali Diri Sendiri

Nah, agar tidak membanding-bandingkan diri dengan orang lain, tentu terlebih dahulu kamu perlu mengenali diri kamu sepenuhnya.

Faktanya banyak orang yang gak kenal sama dirinya…

Ya, mereka tahu nama, alamat, pekerjaannya, tapi bukan itu.

Mengenali diri berarti tahu watak, karakter, keunikan, potensi, bakat dan nilai-nilai yang kamu pegang teguh.

Kalo kamu tau semua ini, maka tentu kamu akan merasa bangga dan respect sama dirimu sendiri.

Gak ada lagi tuh yang namanya membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

#4. Kelilingi Diri Dengan orang Supportif

Ada sebuah pepatah yang mengatakan, “kita adalah produk dari orang-orang di sekitar kita.

Dan ini benar!

Rasa insecure biasa muncul karena perlakuan negatif dari orang-orang atau linkungan yang tidak mendukung kita. membully, menjatuhkan, dan menghina dan lain sebagainya..

Karena itu, penting banget untuk memilih-milih teman pergaulan.

Bukankah, bergaul dengan penjual parfum bikin kita kecipratan wangi?

Terkadang, ada beberapa orang yang meminta terapi kepada kami namun tidak serta merta kami terapi. Terkadang kami hanya memberi saran saja, “coba cari orang-orang atau teman-teman yang positif untuk bergaul.”

dan benar saja, setelah ketemu dia secara otomatis berubah, tanpa perlu terapi.

Meskipun itu artinya kami kehilangan potensi pemasukan, tapi ya gak apa-apa…

#5. Perbanyak Bersyukur

Ya, istilah saya “Kurangi Insecure, Perbanyak Bersyukur!

Bersyukur memaksa diri dan pikiran kita untuk melihat sisi positif segala sesuatu.

Bersyukur membuat kita merasa selalu penuh berkah, dan berkelimpahan.

Bersyukur adalah induk dari semua emosi positif. Dan secara keilmuan hypnosis, emosi positif seperti ini akan sangat bermanfaat dan mempengaruhi tubuh kita secara utuh..

hidup lebih sehat, positif, dan bahagia dengan bersyukur.

Dan, bukankah Tuhan berjanji, “Siapa yang bersyukur, akan ditambahkan?

Nah, silahkan dipraktekkan!

#6. Terapi Olah Pikir dan Rasa

Nah, ini adalah pilihan terakhir.

Kalo massalah yang dihadapi sudah demikian parah, Langkah-langkah diatas juga sudah dilakukan namun masih Insecure juga, maka pilihan yang paling tepat adalah; terapi.

Di klinik kami Rumah Hipno, kami membantu orang-orang yang mengalami insecure semacam ini dengan hipnoterapi.

Sebab orang-orang yang datang

kepada kami, sudah mengeluh sedemikian rupa.

Dan kami paham bahwa ada yang tidak beres yang terjadi di pikiran Bawah Sadarnya.

dan betul saja..

setelah diterapi, ditemukan berbagai hal seperti trauma dibully di masa lalu, dendam membara yang belum dituntaskan, adanya program atau mindset yang keliru di pikiran..

Nah ini semua memang hanya dapat diatasi dengan terapi dengan profesional ahli di bidangnya.

Di sanalah peran kami membantu banyak orang di Indonesia..

Ingin menghubungi kami?

Silahkan WA: 0882-4756-8533

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *