Hipnoterapi Anak: 15 Menit Mengubah Prilaku Buruk Si Kecil

Hipnoterapi Anak: Mengubah Prilaku Negatif Anak dalam 15 Menit

hipnoterapi anak

Artikel ini akan membahas tuntas dan lengkap tentang hipnoterapi anak…

Jika anda adalah orang tua dengan anak yang bermasalah baik secara prilaku, kebiasaan ataupun pola pikir yang negatif, maka artikel ini untuk anda.

Anda akan mengetahui tentang:

  • Apa dan Mengapa Hipnoterapi Anak
  • Usia berapa anak untuk di hipnoterapi
  • Masalah anak apa saja yang bisa ditangani dengan hipnoterapi
  • Bagaimana melakukan hipnoterapi pada anak
  • Cara menerapkan hipnosis untuk mendidik anak (hypno-parenting)

Dengan membaca artikel ini, anak akan bisa memahami cara kerja pikiran anak, dan dengan sendirinya kan bisa mendidik anak anda menjadi lebih baik.

So, yuk baca sampai habis…

Siapa Kami?

klinik hipnoterapi makassar - rumah hipno.com

Sebelum lebih jauh membahas tentang hipnoterapi anak dan penerapannya, ada baiknya anda kenal dulu tentang siapa kami dan latar belakang kami.

Dan yang paling penting, mengapa artikel ini layak untuk dibaca dan diaplikasikan…

Kami dari Rumah Hipno Indonesia, sebuah lembaga dan klinik hipnoterapi di Makassar yang telah berpengalaman mengatasi berbagai masalah mental, mindset dan psikologi.

Termasuk masalah anak.

Salah satu terapis kami Pak Ibrahim Rasjid adalah seorang hipnoterapis profesional dengan spesialisasi dan sertifikasi sebagai pediatrik hipnoterapi (hipnoterapi anak).

Artinya, artikel yang sedang anda baca ini ditulis oleh orang yang memang kompeten di bidangnya.

So, tanpa panjang lebar lagi… yuk kita masuk ke materinya..

Apa & Mengapa Hipnoterapi Anak?

Hipnoterapi anak adalah cara mengubah prilaku, kebiasaan maupun program pikiran seorang anak menggunakan hipnoterapi.

Hipnoterapi sendiri adalah terapi pikiran bawah sadar.

Sehingga, dengan menerapkan hipnoterapi untuk anak, diharapkan masalah umum yang kerap dialami oleh seorang anak bisa diatasi.

Emang apa aja sih, masalah anak?

Sulit makan, malas belajar, malas ibadah, pendiam, pemalu, bandel, membangkang orang tua, pemarah, dan lain sebagainya.

Nah, semua masalah itu sebenarnya kuncinya adalah satu.

Program yang ada di pikiran bawah sadar.

Inilah kenapa hipnoterapi adalah metode yang sangat baik untuk mengatasi masalah-masalah anak tersebut.

Karena hipnoterapi mengatasi langsung dari akar masalahnya.

Bawah sadar.

Usia Berapa Anak Bisa Dihipnoterapi?

Apakah semua anak bisa dihipnoterapi?

Ya, selama anak itu bisa menerima informasi dengan baik.

Untuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti (autis), (maaf) gangguan pada panca indera, dan semacamnya tidak bisa ditangani dengan hipnoterapi.

Nah, usia berapa saja anak bisa dihipnoterapi?

Rata-rata perkembangan otak anak mulai aktif pada usia 3 tahun. Sehingga anak mulai ideal untuk hipnoterapi pada usia tersebut.

Sementara menurut Pakar Hipnoterapi Indonesia, Adi W. Gunawan dari AWG Institute of Mind Technology, bahwa anak bisa dikategorikan dalam 3 fase, yakni;

  1. 0 – 5 tahun (sangat mudah menerima informasi)
  2. 5 – 11 tahun (mudah menerima informasi)
  3. di atas 12 tahun (kategori remaja)

Nah, khusus untuk kategori anak usia di atas 12 tahun, dilakukan hipnoterapi untuk anak remaja sama halnya dengan hipnoterapi untuk dewasa. Sementara untuk kategori anak 0-5 dan 5-11 dibutuhkan teknik dan pendekatan khusus.

Di klinik hipnoterapi Rumah Hipno, kami mensyaratkan anak minimal berusia 5 tahun untuk melakukan hipnoterapi.

Mengapa?

Karena usia 0-5 tahun adalah usia saat otak anak sedang sangat muda menerima informasi.

Artinya, peran orang tualah dalam mendidik anak yang menentukan pada usia ini.

Jika ada anak di bawah usia 5 tahun yang bermasalah, maka yang perlu di terapi bukannya sang anak tapi orang tuanya.

Masalah anak adalah masalah orang tuanya.

Anak yang bermasalah berarti orang tua yang bermasalah.

Tidak mampu mendidik anak dengan baik.

Itulah mengapa hipnoterapis terbaik bagi anak usia 0-5 tahun adalah orang tuanya sendiri. Melalu pola pendidikan dan pengajaran yang baik.

(Pada bagian selanjutnya akan dijelaskan bagaimana orang tua bisa berhasil mendidik anak dengan baik dengan hipno-parenting).

Baca juga: Cara Memasuki Gelombang Otak Theta

Beberapa Contoh Masalah Anak Yang Umum Untuk di Hipnoterapi

Apa saja sih masalah anak yang bisa ditangani dengan hipnoterapi?

Apakah semua masalah mental, emosional dan psikis anak bisa diatasi dengan hipnoterapi?

Meskipun sangat efektif, namun hipnoterapi tentu masih punya kekurangan. Terutama terkait dengan anak yang berkebutuhan khusus, seperti autisme dan indigo.

Selain itu, hipnoterapi tetap menjadi terapi komplementer. Sebagaimana ditetapkan pemerintah, Artinya untuk beberapa kasus seperti psikosomatik, hipnoterapi adalah pelengkap bagi tindakan pengobatan medis.

Nah, beberapa contoh kasus masalah anak yang bisa diatasi dengan hipnoterapi diantaranya:

Hipnoterapi Untuk Anak Susah Makan

hipnoterapi untuk anak susah makan

Anak susah makan adalah masalah yang sangat umum ditemui di mana-mana.

Menurut hasil psycom.net, bahwa masalah susah makan (eating disorder) pada anak-anak di bawah usia 12 tahun semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Nah, menghadapi anak yang seperti ini tak jrang bikin orang tua kewalahan.

Namun sebenarnya tidaklah sulit, jika tau caranya.

Anda bisa melakukan banyak cara, namun salah satu yang paling efektif adalah dengan hipnoterapi.

Berbeda dengan hipnoterapi pada orang dewasa, hipnoterapi pada anak jauh lebih simple dan gak membutuhkan langkah-langkah yang sulit. Yang paling mudah adalah memberikan sugesti ketika anak sedang tertidur.

Berikut caranya:

  1. Pada saat anak mulai tertidur, anda bisa meningkatkan sedikit kesadarannya dengan menggoyang-goyangkan badannya atau memanggil namanya dengan lembut. Namun lakukan dengan pelan, jangan sampai ia terbangun.
  2. Begitu anak sudah mulai merespon, misalnya dengan menyahut atau bergerak khusus, itu artinya ia sudah siap menerima sugesti.
  3. Ucapkan kata-kata sugesti berikut ini:
    Sayang (sebut namanya), anak mama yang pintar, mulai sekarang kamu (atau sebut namanya) makan yang banyak ya nak, supaya tumbuh sehat dan makin pintar. Jadi kebanggaannya mama papa. Mengerti ya nak ya?
  4. Ulangi paling tidak 3 kali, sampai anak merespon.
  5. Lakukan hal ini selama 7 hari berturut-turut, maka anda kan melihat perubahan pada anak anda.
Baca juga: Cara Menghipnotis Orang 100% Berhasil

Hipnoterapi Anak Pemalu

Jika anak anda pemalu, suka minder dan kurang percaya diri, terutama ketika bersosialisasi dengan orang lain, maka yang perlu dilakukan adalah menumbuhkan rasa aman dan nyaman dengan dirinya sendiri.

Peran anda sebagai orang tua untuk membuat anak merasa diterima, dicintai dan dihargai keputusannya menjadi sangat penting.

Karena itu, selain melakukan sugesti langsung, anda juga perlu “menunjukkan” rasa penghargaan itu kepada anak.

Misalnya setiap kali anak bercerita atau mengeluarkan pendapat, dengarkan dengan penuh perhatian dan apresiasi apapun yang dikatakannya.

Kemudian selalu besarkan hatinya, misalnya dengan mengatakan “Nak, apapun yang terjadi mama papa akan selalu ada buat kamu, mama papa juga bangga kepadamu.”

Hal ini sangat penting, terutama ketika anak mengalami bullying atau sedang membandingkan dirinya dengan teman-temannya.

Selanjutnya, untuk melakukan hipnoterapi dan memberikan direct sugestion, cukup lakukan seperti langkah-langkah di bagian atas.

Kemudian ganti sugestinya dengan kalimat sugesti positif untuk anak berikut ini:

Sayang (sebut namanya), anak mama yang hebat, dengerin mama ya nak. Mulai sekarang dan seterusnya (sebut namanya), jadi anak yang hebat, berani, dan baik hati sama siapapun ya. Karena mama sama papa selalu bangga sama kamu. Selalu sayang sama kamu. (Sebut namanya) mau kan bikin mama papa bangga?

Hipnoterapi Anak Bandel

hipnoterapi anak bandel

Anak bandel biasanya dilabelkan pada anak yang sangat aktif, sulit mendengar kata-kata orang tua, atau mudah berprilaku buruk pada orang lain.

Perlu dipahami, bahwa tidak ada yang namanya anak bandel.

Anak bandel umumnya di berikan oleh orang tua yang tidak tau cara mendidik anaknya, dan menjadikan anaknya sebagai kambing hitam dari kesalaannya tersebut.

Sebagaimana kata seorang bijak;

“Tidak ada anak nakal, yang ada adalah orang tua yang tidak sabar.”

Nah, jika anak anda begitu aktif dan berprilaku seperti ini, maka anda bisa mengubah prilaku tersebut dengan memberikan sugesti positif kepada pikiran bawah sadarnya.

Tetapi sebelum melakukan itu, pastikan bahwa anda menjadi contoh yang baik untuk anak anda. Orang-orang di sekitar anda juga tidak ada yang berprilaku sama. Sehingga anak tidak punya role model untuk membenarkan prilaku buruknya tersebut.

Kata-kata hipnoterapi untuk anak seperti ini, bisa berbunyi seperti berikut;

“(Sebut namanya) sayang, anak mama yang baik hati. Mulai sekarang dan seterusnya (sebut namanya) adalah anak yang baik hati, dengerin kata-kata mama ya nak. Kalo sama orang lain siapapun itu, harus baik, ramah dan sopan ya nak ya. Kalo (sebut namanay) main sama temen-temen, temen-temennya dibantuin ya nak. Kalo ada orang susah ditolongin… supaya (sebut namanya) jadi anak yang baik, disayang Tuhan, disayang mama papa, dan disayang semua orang. Karena itu kita harus jadi orang yang baik.. ya nak ya…”


Nah, itulah beberapa contoh manfaat hipnoterapi untuk anak… 3 contoh di atas bisa digunakan untuk masalah-masalah anak yang lain.

Sebagai orang tua, silahkan sesuaikan dengan kondisi anak anda.

Baca juga: Pikiran Sadar Vs. Pikiran Bawah Sadar

Layanan Hipnoterapi Profesional Untuk Anak

Contoh-contoh di atas adalah bagaimana anda sebagai orang tua melakukan cara menghipnoterapi anak secara natural untuk tujuan parenting.

Cara-cara ini sangat efektif, terutama untuk anak usia 0-5 tahun.

Sebab usia itulah anak bagaikan kanvas kosong yang siap dibentuk dan diisi apa saja oleh orang di sekitarnya.

Nah, lantas gimana kalo anak usia di 5 tahun ke atas, dengan prilaku yang sudah melebihi batas wajar?

Atau bagaimana jika orang tua tidak lagi mampu menerapkan itu?

gimana kalo anak sudah tidak mempan mendengar kata-kata orang tuanya?

Nah, pada titik itulah anda membutuhkan bantuan hipnoterapis profesional. Khususnya mereka hipnoterapis dengan spesialisasi hipnoterapi anak (pediatrik hipnoterapi).

Silahkan datang, ke klinik hipnoterapi terdekat di wilayah anda. Sebutkan keluhan dan masalah anak anda dengan jelas.

Jangan ragu untuk mempertanyakan keahlian dan sertifikasi si hipnoterapisnya, sebab itu adalah langkah awal keberhasilan anda.

Layanan Hipnoterapi Anak di Makassar

Jika kebetulan anda berada di kota Makassar, atau sekitarnya…

Atau jika anda bersedia datang ke Makassar, kami menyediakan layanan hipnoterapi anak yang siap membantu anak mengatasi berbagai masalah anak anda.

Rumah Hipno Indonesia, adalah satu-satunya klinik hipnoterapi di Makassar dengan terapis tersertifikat sebagai pediatric hipnoterapi.

Sertifikasi Hipnoterapi Anak

Artinya, anak anda memang akan ditangani oleh orang yang kompeten dan memiliki skill di bidang psikologi anak.

Ingin menghubungi kami?

Silahkan Chat kami va WA 0882-4756-8533

atau datang langsung ke klinik kami di Jalan Taman Sudiang 4, PAI, Jalan Poros Makassar-Maros, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kami akan siap melayani anda kapanpun…

1 komentar untuk “Hipnoterapi Anak: Mengubah Prilaku Negatif Anak dalam 15 Menit”

  1. Artikel menarik tentang hipnoterapi anak.. setiap anak memang punya masalahnya masing2. Tulisan ini sangat membantu banyak orang tua dalam mendidik anak2nya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *